Home > Ramadhan > Ada 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ada 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu kewajiban umat Islam adalah berpuasa Ramadhan. Tentu saja, setiap yang diperintahkan Allah SWT kepada hamba-Nya akan memberikan kebaikan, termasuk berpuasa.

Apa Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh?

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Bagi umat muslim, Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari mengkonsumsi makanan, minuman dan keduanya, menghindari diri dari perbuatan buruk dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Di antara puasa yang dilakukan oleh umat muslim adalah puasa senin kamis, puasa daud, dan puasa wajib selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani

Dari hasil penelitian, banyak yang menyebutkan berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Salah satu alasan baiknya puasa, yaitu karena ketika puasa, maka konsumsi makanan dan juga minuman yang kurang menyehatkan tubuh dapat dibatasi, sehingga dampak buruk dari makanan & minuman yang kurang sehat tersebut dapat diminimalisasi.

 

Manfaat Puasa Dari Segi Kesehatan

Apabila puasa dilakukan dengan benar,  manfaatnya pun akan menjadi lebih maksimal.

Berikut diantaranya manfaat puasa bagi kesehatan tubuh :

1. Puasa Berefek Baik Bagi Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menjadi ancaman bagi setiap orang yang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya. Karena itu, penyakit jantung harus dicegah. Salah satunya dengan berpuasa. Melakukan puasa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung, karena menurut penelitian chronobiological dengan berpuasa HDL  atau kolesterol baik dalam tubuh dapat meningkat dan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat menurun. Sehingga puasa akan menyehatkan pembuluh darah dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

 

2. Puasa Menenangkan Pikiran
Ketika berpuasa, selain menahan diri dari lapar dan dahaga, juga kita diwajibkan untuk mengendalikan emosi negatif atau amarah. Dengan begitu, puasa memiliki manfaat untuk psikologis seseorang sehingga pikiran bisa menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres yang dapat memicu berbagai penyakit.

3. Puasa Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Puasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh tidak mudah sakit. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan Limfosit hingga mencapai 10 kali lipat dalam tubuh seseorang, dan ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap sistem imun dalam tubuh seseorang.

4. Puasa Menyehatkan Ginjal
Ginjal merupakan organ sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsinya sebagai penyaring berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, membuat ginjal harus tetap dijaga kesehatannya. Dan ternyata puasa memiliki dampak yang baik bagi kesehatan ginjal karena pada saat berpuasa konsumsi air akan meningkatkan konsentrasi urin pada organ ginjal dan akan meningkatkan kekuatan osmosis pada urin dengan kisaran 1000-12000ml osmosis/kg air,  sehingga pada kondisi tertentu hal ini akan memberikan perlindungan pada fungsi kesehatan organ ginjal.

5. Puasa Mendetoksifikasi Racun Dalam Tubuh
Manfaat puasa selanjutnya, yaitu mendetoksifikasi tubuh dari berbagai racun yang ada pada tubuh. Ketika berpuasa, khususnya di bulan Ramadhan, detoksifikasi akan terjadi selama satu bulan. Detoksifikasi ini akan terlepas melalui keringat, urine dan tinja. Dan detoksifikasi terjadi pada usus besar, hati, ginjal, paru-paru, getah bening dan juga kulit.

6. Puasa Menyerap Banyak Nutrisi

Ketika tubuh berpuasa maka metabolisme tubuh menjadi lebih baik sehingga jumlah nutrisi yang diserap oleh tubuh menjadi lebih maksimal. Ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon adiponectin ditambah dengan adanya puasa dan saur yang menjadikan otot tubuh lebih baik ketika penyerapan nutrisi.

7. Puasa Mengontrol Berat Badan
Puasa juga akan menjadikan berat badan seseorang menjadi lebih mudah untuk diturunkan. Sehingga dengan berpuasa diet extrem bisa dihindari, yang diperlukan yaitu konsumsi makanan bergizi secukupnya selama sahur dan berbuka puasa.

8. Puasa Mengurangi Pola Hidup yang Kurang Baik
Pada hari-hari biasa, seringkali seseorang terbiasa melakukan kebiasaan kurang baik seperti merokok dan ngemil makanan manis bergula. Seperti yang diketahui bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat menggangu kesehatan tubuh, selain itu ngemil makanan rendah gizi dan bergula juga kurang baik bagi kesehatan. Maka dari itu, ketika tubuh berpuasa maka kebiasaan tersebut bisa dihentikan sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

9. Puasa Meningkatkan Ketajaman Berfikir dan Perasaan Nyaman
Setelah tubuh terbiasa berpuasa maka hormon endorfin yang ada pada tubuh mengalami peningkatan. Dimana hormon ini akan memberikan efek baik bagi ketajaman dalam berfikir seseorang dan perasaan nyaman.

10. Puasa Penawar Nyeri Sendi/Encok
Manfaat puasa selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sel penetral alami yang ada didalam tubuh sehingga nyeri encok perlahan akan membaik. Penelitian menyebutkan tentang adanya kolerasi pada peningkatan kemampuan sel penetral atau pembasmi bakteri dengan adanya kondisi radang sendi atau rematik penyebab encok yang semakin membaik. Usahakan tubuh mendapatkan asupan air yang cukup banyak pada saat malam sebelum tidur dan ketika sahur sehingga tubuh tidak kekurangan cairan.

11. Puasa Mencegah Diabetes Dan Berbagai Penyakit
Puasa juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit diabetes, obesitas, hiperkoleskterol dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh kelebihan nutrisi yang disebabkan karena kadar gula berlebih dan juga kolesterol. Hal ini disebabkan karena selama berpuasa lemak dan gula menjadi lebih terkontrol bahkan dikurangi sehingga kesehatan tubuh akan membaik seiring dengan kembali seimbangnya kadar gula dan kolesterol tersebut.

Diatas merupakan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, namun efek puasa ini sangat bergantung pada asupan makanan ketika sahur dan berbuka puasa. Puasa akan berefek baik dan menyehatkan tubuh apabila dilakukan dengan benar dan memperhatikan keseimbangan konsumsi karbohidrat, protein dan juga kandungan gizi pada makanan lainnya.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang ketika sahur dan berbuka puasa secukupnya dengan komposisi makanan yang berserat misalnya buah-buahan dan sayuran sehingga ketika berbuka puasa, rasa lapar bisa lebih dikurangi. Baru kemudian setelah kurang lebih setengah hingga satu jam kemudian Anda bisa makan dengan normal dengan varian makanan yang bergizi seimbang.

Apabila puasa dilakukan dengan baik dan benar, tubuh dan jiwa akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam sehat! Selamat menjalankan ibadah puasa!

 

 

sumber: Harian Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *