Home > Pendidikan Kita > Anak-anak Butuh Teladan Ketimbang Nasehat

Anak-anak Butuh Teladan Ketimbang Nasehat

52c1fe18e973f986a7b72fec90cac565COBA perhatikan anak-anak kecil ketika diberi nasehat. Rata-rata mereka menutup telinga ketika dinasehati atau dimarahi. Tapi tahukah kita bahwa mereka senantiasa membuka mata untuk melihat apa yang terjadi di sekitarnya?

Mata mereka sungguh lebih aktif menyerap pelajaran kehidupan dibandingkan dengan telinga mereka. Karena itulah, orang-orang yang dekat di sekitar anak, terutama kedua orang tua dan guru-gurunya, harus memberikan teladan visual yang sangat baik.

Sayangnya adalah bahwa orang tua dan para guru sudah mulai sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Orang tua kehilangan waktu untuk menampilkan teladan di hadapan anak-anaknya, tak punya waktu untuk berbincang dan menanamkan rasa di hati anak.

Saya tersindir dengan kata-kata anak saya yang ketiga ketika semalam tiba-tiba merebahkan kepalanya di dekat kepala saya sambil berkata: “Aku kangen tiduran sama ayah.” Menetes air mata saya. Andai sering perginya saya bukan karena dakwah, sungguh rasa bersalah akan menguasai jiwa ini.

Berani punya anak harus siap untuk mendidiknya dan mengantarkannya mencapai titik puncak kemanusiaan. Seringkali kualitas kebersamaan dengan anak tidak terjaga dengan baik. Doapun untuk mereka tak pernah dipanjatkan, karena sibuk berdoa hanya untuk pertambahan jumlah harta.

Para gurupun sudah mulai sibuk dengan tugas-tugas non mengajar karena dituntut mengerjakan tugas administratif. Bayangkan saja ketika musim UTS, UAS, dan hal terkait sertifikasi, begitu sibuknya para guru dengan membuat mengisi rapor yang tak hanya berisikan angka melainkan narasi panjang pencapaian siswa. Bayangkan jika muridnya berjumlah 40 orang, berapa hari dibutuhkan hanya untuk urusan rapor.

Bayangkan pula pembuatan laporan kinerja dan laporan lainnya demi sertifikasi. Kata sebagian guru, hanya 40% waktu untuk mengajar dan 60% lainnya adalah menulis laporan. Akan semakin cerdaskan anak bangsa? Salam, AIM. [*]

 

 

 

sumber: Inilah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *