Minggu, Desember 17, 2017
Home > Hikmah > Bakti kepada Orangtua dengan Berbaik kepada Para Sahabatnya

Bakti kepada Orangtua dengan Berbaik kepada Para Sahabatnya

young-man-old-man-308asdojxw3opkn9da0z5sقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مِنَ الْبِرِّ أنْ تَصِلَ صَدِيْقَ أَبِيْكَ -الطبراني

Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,”Termasuk dari kebaikan, engkau menjaga hubungan dengan sahabat ayahmu”. (Ath Thabarani, dihasankan oleh Imam As Suyuthi)

Al Munawi menyatakan bahwa menjaga hubungan dan melakukan kebaikan dengan para sahabat orang tua dilakukan baik ketika orang tua masih hidup atau sudah wafat. (Faidh Al Qadir, 6/6)

Berkenaan dengan hal ini apa yang dilakukan para sahabat menjadi suri tauladan bagi kita semua, dimana suatu saat Ibnu Umar menemui seorang badui dan beliau lantas memberinya seekor keledai dan surban. Para sahabat Ibnu Umar pun heran karena menurut mereka orang itu cukup dengan satu atau dua dirham dan mereka pun bertanya mengenai hal itu. Ibnu Umar pun menjawab, bahwasannya beliau pernah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya yang paling mulia diantara menjaga hubungan adalah menjaga hubungan kepada laki-laki sahabat ayahnya setelah ia wafat”. (Syu’ab Al Iman, 200/6)

 

sumber: Hidayatullah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *