Home > Khasanah > Ber-Idul Fitri di atas Sunah Rasulullah Kapan Kita Ber-Idul Fitri?

Ber-Idul Fitri di atas Sunah Rasulullah Kapan Kita Ber-Idul Fitri?

IDUL Fitri merupakan salah satu hari raya yang Allah Subhanallahu wa Taala anugerahkan kepada kaum muslimin. Dinamakan Idul Fitri karena ia selalu berulang setiap tahun dengan penuh kegembiraan.

Diantara bentuk kegembiraan itu adalah makan, minum, menggauli istri dan lain sebagainya dari hal-hal mubah yang sebelumnya tidak boleh dilakukan di siang hari bulan Ramadan. Namun akan lebih menjadi bermakna, tatkala hari yang mulia tersebut dipenuhi dengan amalan-amalan yang sesuai dengan sunnah Nabi Shalallahu alaihi wa Sallam.

Hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal. Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda:

“Berpuasalah berdasarkan ruyatul hilal dan berhari rayalah berdasarkan ruyatul hilal. Jika terhalangi oleh mendung (atau semisalnya) maka genapkan bilangan hari bulan tersebut menjadi 30 hari.” (HR. Al-Bukhari)

Idul Fitri dan juga shaum (puasa) Ramadan merupakan syiar keutuhan dan kebersamaan. Namun sangat disayangkan, terkadang syiar ini ternodai oleh perselisihan dan perpecahan di antara kaum muslimin dalam menentukan Idul Fitri ataupun masuknya bulan Ramadan. Padahal Nabi Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda:

“Shaum (puasa) itu pada waktu berpuasanya kalian (kaum muslimin), Idul Fitri pada saat kalian (kaum muslimin) berhari raya Idul Fitri, dan berkurban pada saat kaum muslimin berkurban.” (HR. At-Tirmidzi dengan sanad shahih)

Oleh karenanya, para ulama terpandang seperti Asy-Syaikh Al-Albani dan Asy-Syaikh Ibnul Utsaimin menasehatkan agar setiap muslim mengikuti pemerintahnya masing-masing. (Lihat Tamamul Minnah hal. 398 dan Asy-Syarhul Mumti 6/322)

Di samping itu, kami juga mewasiatkan kepada pemerintah -semoga Allah Subhanallahu wa Tala merahmati mereka- agar melandaskan keputusan masuk dan keluarnya Ramadan secara syari.

 

 

– See more at: http://mozaik.inilah.com/read/detail/2306486/kapan-kita-ber-idul-fitri#sthash.HKbwNML3.dpuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *