Home > Pendidikan Kita > Dibuka… Beasiswa untuk Dosen, Guru, dan Praktisi Pendidikan!

Dibuka… Beasiswa untuk Dosen, Guru, dan Praktisi Pendidikan!

2110271ThinkstockPhotos-786288501780x390Banyak peluang beasiswa masih terbuka bagi para guru atau pendidik dan praktisi pendidikan, baik berupa beasiswa kursus maupun pendidikan lanjutan. Tak terkecuali, kesempatan melakukan penelitian.

Salah satu peluang besar yang tersedia itu datang dari Southeast Asia Ministers of Education Organization atau Organisasi Menteri Pendidikan di Asia Tenggara (SEAMEO). Organisasi internasional yang didirikan pada 1965 ini mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan, Sains dan budaya di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri saat ini telah terdapat enam SEAMEO Regional Centres, yaitu: SEAMEO BIOTROP, SEAMEO SEAMOLEC, SEAMEO RECFON, SEAMEO QITEP in Language, SEAMEO QITEP in Mathematics, dan SEAMEO QITEP in Science. Terkait beasiswa dan penelitian, simak selengkapnya berikut ini:

SEAMEO Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP)

Didirikan pada 1968, dan berlokasi di Bogor, Indonesia, kegiatan utama SEAMEO BIOTROP fokus pada hutan, hama dan biologi perairan. BIOTROP membantu Negara Anggota SEAMEO dalam mengembangkan keahlian untuk mengidentifikasi, memprioritaskan, menganalisa dan merekomendasikan solusi dan pendekatan alternatif untuk masalah biologis kritis di wilayah Asia Tenggara, terutama yang terkait dengan pembangunan berkelanjutan dari ekosistem tropis.

Beberapa program menarik SEAMEO BIOTROP dalam lima tahun terakhir antara lain: 

– menghasilkan 40 lulusan doktoral penerima beasiswa di 12 institusi akademik di Indonesia.

– Menghasilkan 113 penelitian tingkat nasional dan regional dan 74 artikel di berbagai jurnal bereputasi internasional.

– Menyelenggarakan 90 pelatihan dan aktivitas pengembangan SDM tingkat nasional dan interasional yang diikuti 3.782 orang.

– Menghasilkan 160 nota kesepahaman dengan 139 organisasi nasional dan 21 organisasi internasional.

– Menerima 300 peserta magang tingkat SMU di Laboratorium kultur jaringan BIOTROP, rata-rata 2.500 pengunjung laboratorium BIOTROP, >560 siswa magang tingkat SMA dan SMK dan penelitian mahasiswa dari 84 universitas.

– Memberikan pelatihan untuk pengajar sekolah kejuruan dan kalangan masyarakat lainnya yang ingin memperoleh keterampilan dalam bidang kultur jaringan untuk pengembangbiakkan tanaman.

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAMEO QITEP in Language)

Didirikan pada 2009 dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, SEAMEO QITEP untuk Bahasa menawarkan kursus dan program pelatihan bagi pendidik dan pengembangan guru.

Terletak di Jakarta, SEAMEO QITEP untuk Bahasa mempromosikan program dan kegiatan yang meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan di bidang bahasa. Berikut ini beberapa pencapaiannya:

– Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa (Arab,  Jepang,  Jerman, Mandarin,  BIPA) dan Metodologi Riset Pengajaran Bahasa.

– Menghasilkan 56 penelitian dari program hibah riset pembelajaran bahasa (SEAQIL Research Grants).

– Melakukan SEAQIL Goes to Schools (2014-2018) di Indonesia sebagai bagian upaya regional untuk mengkompilasi praktik terbaik pada pengajaran bahasa dan pembelajaran dari guru di negara anggota SEAMEO.

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Mathematics (SEAMEO QITEP in Mathematics)

Didirikan pada 2009 dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, SEAMEO QITEP untuk Matematika menawarkan kursus dan program pelatihan bagi pendidik dan pengembangan guru.

Terletak di Yogyakarta, QITEP mempromosikan program dan kegiatan yang meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan di bidang matematika. Berikut diantaranya:

– Menyelenggarakan berbagai diklat dan pelatihan reguler yang telah diikuti 661 peserta serta simposium internasional, termasuk International Symposium on Mathematics Education Innovation (ISMEI) sejak 2012 yang diikuti total 189 peserta.

– Memfasilitasi pelatihan di 5 negara: Laos, Kamboja, Filipina, Timor Leste, Singapura, Indonesia yang diikuti total 593 peserta.

Menghasilkan Riset Pengurangan Risiko Bencana tsunami, gempa bumi, banjir, angin topan, gunung berapi padat dan tanah longsor di tahun 2012-2015 yang melibatkan total 35 peneliti.

– Menyelenggarakan Mathematics Regional Wide Assessment yang diikuti 1.462 peserta di Indonesia.

– Mengembangkan Mathematics Camp yang diikuti total 90 guru di tahun 2014-2015 untuk membantu guru mengembangkan keterampilan merancang kegiatan ajar matematika luar ruangan  yang menyenangkan.

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science (SEAMEO QITEP in Science)

Didirikan pada 2009 dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, SEAMEO QITEP untuk Ilmu Pengetahuan menawarkan kursus dan program pelatihan bagi pendidik dan pengembangan guru. Terletak di Yogyakarta, beberapa upayanya mempromosikan program dan kegiatan yang meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan di bidang Ilmu Pengetahuan/Sains antara lain:

– Menyelenggarakan 35 pelatihan reguler di bidang: 1) ICT Based Science Learning, 2) Science Laboratory Management, 3) Research and Development, 4) Classroom Supervision, 5) Earth and Space Science, dan 6) Environmental Education for Sustainable Development.

– Menggelar 35 seminar dan konferensi internasional untuk peningkatan kualitas, pengetahuan serta kemampuan guru-guru sains dalam menyampaikan ide-ide kreatif dan inovatif.

– Memberikan dana penelitian bagi 12 guru sains di Indonesia senilai Rp 15.000.000 untuk satu penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh guru-guru tersebut difokuskan pada implementasi pembelajaran sains berbasis inkuiri yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas guru sains.

– Membantu meningkatkan kualitas 2.200 pendidik dan tenaga kependidikan bidang sains yang berasal dari kawasan Asia Pasifik melalui kerjasama dengan 19 instansi nasional dan internasional.

SEAMEO Regional Centre for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON)

Didirikan pada 2010, SEAMEO RECFON sebelumnya dikenal sebagai SEAMEO TROPMED Regional Centre for Community Nutrition (SEAMEO-TROPMED RCCN), salah satu dari empat centredi bawah jaringan SEAMEO TROPMED. Terletak di Jakarta, Indonesia, upayanya untuk membantu Negara-negara Anggota SEASMEO dalam mengidentifikasi tantangan dan mengembangkan solusi mengenai kesehatan pangan dan gizi antara lain:

– menghasilkan 64 lulusan Magister Gizi, 15 lulusan doktor, 646 penerima pendidikan non gelar dari berbagai Pelatihan Regional, Kursus Singkat, Pelatihan Keamanan Pangan, Roll out courses dan Program Kepemimpinan Ahli Gizi di Asia Tenggara (SoutEast Asian Nutrition Leadership Program – SEANLP).

– melakukan 122 penelitian, dengan total 96 publikasi yang sebagian besar menjadi publikasi jurnal internasional dan materi presentasi ilmiah di forum internasional.

SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMEO SEAMOLEC)

Didirikan pada 1997 dan terletak di Jakarta, Indonesia, SEAMEO SEAMOLEC membantu Negara Anggota SEAMEO dalam mengidentifikasi masalah pendidikan dan mencari solusi alternatif untuk pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan melalui penyebaran dan penggunaan yang efektif dari Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).

Dalam kurun 5 tahun, beberapa pencapaiannya adalah:

– Melatih lebih dari 24.923 guru, dosen, instruktur, tenaga kependidikan dan administrator Teknologi Informasi (TI) di berbagai institusi pendidikan di Asia Tenggara dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

– Mengembangkan Project Based Learning dan melakukan pelatihan online dan tatap muka yang diikuti 491 peserta yang tersebar di 13 negara (Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Mesir, Jepang, Belanda, Rusia dan Serbia).

– Menghasilkan 200 makalah ilmiah dan dua volume jurnal ilmiah cetak dan daring .

– Memfasilitasi beasiswa pendidikan tinggi di Tiongkok bagi 192 mahasiswa Indonesia dan di Korea Selatan bagi 50 mahasiswa  Indonesia, serta berbagai program mobilitas mahasiswa di negara-negara ASEAN.

Informasi selengkapnya

Bagi yang tertarik dengan penjelasan lebih lanjut mengenai beasiswa SEAMEO, Anda bisa mendapatkannya dengan menghadiri perayaan ’50 tahun SEAMEO’. Acara diselenggarakan pada tanggal 7-8 Oktober 2015 di komplek kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta.

Anda dapat melihat pameran dan seminar seputar pendidikan di negara-negara Asia Tenggara. Kegiatan ini ditujukan untuk pengajar, praktisi, spesialis, dan masyarakat yang bergelut dalam bidang pendidikan.

Rangkaian perayaan juga dilengkapi dengan peringatan SEAMEO Night yang bertajuk “50 tahun Kerja sama Pendidikan untuk Pembangunan Regional yang Berkelanjutan”. Pada peringatan ini pula akan diluncurkan dua program SEAMEO Indonesia, yaitu SEAMEO Star Village dan SEAMEO Smart City, berkaitan dengan pendidikan dan pembangunan berkelanjutan, serta buku perjalanan dan pencapaian SEAMEO Indonesia, SEAMEO Coffee Table Book.

 

sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *