Home > Hikmah > Faedah Salat Bagi Kesehatan Otak

Faedah Salat Bagi Kesehatan Otak

PENGARUH salat bagi otak, seperti gerakan rukuk dan sujud terutama pada asupan darah dan keteraturan aliran darah dapat kita lihat melalui penjelasan di bawah ini:

1. Peran dan fungsi otak sangat penting bagi kehidupan manusia. Otak memengaruhi fungsi dan kerja seluruh anggota tubuh lain. Pada posisi pertama, sistem peredaran darah ke otak memegang peranan paling penting karena untuk menjalankan fungsinya, otak membutuhkan glukosa sebagai bahan bakar.

Allah swt mengistimewakan sistem peredaran darah otak dan menganugerahkan kekhusukan untuk menjaga fungsi otak. Salah satu anugerah Allah yang paling utama adalah adanya jaringan pembuluh darah cadangan untuk bekerja dalam keadaan darurat ketika otak sangat membutuhkan asupan glukosa.

Allah swt juga melindungi sistem peredaran darah otak dengan tulang tempurung sehingga kerja dan fungsi pembuluh darah tetap terjaga tanpa mengalami perubahan.

2. Penelitian dan studi medis mutakhir menunjukkan bahwa aliran darah ke otak bertambah ketika kepala menunduk seperti dalam posisi sujud. Fenomena ini telah dibuktikan melalui penelitian dan pengalaman kaum muslimin. Dijelaskan bahwa aliran darah ke otak bersesuaian dengan perubahan posisi kepala ke bawah.

3. Posisi tubuh pada saat rukuk sehingga posisi kepala sejajar dengan dada dan tubuh bagian atas berperan penting karena posisi itu menyiapkan kepala dan otak untuk menerima aliran darah yang berlimpah ketika tubuh memasuki posisi sujud.

4. Penting juga kita ketahui, saat posisi duduk di antara dua sujud tidak menyebabkan darah mengalir lebih cepat dari kepala sehingga otak mengalami pengurangan darah secara mendadak. Posisi duduk di antara dua sujud tetap mempertahankan aliran darah ke otak sesuai dengan kadar yang dibutuhkan karena dua lutut yang dilipat dalam posisi duduk menahan airan darah balik ke paru-paru.

Penjelasan di atas menegaskan bahwa salat memiliki peran penting untuk menambah aliran darah ke otak sehingga otak bisa menjalankan fungsinya secara baik dalam mengatur dan mengendalikan seluruh organ tubuh.

 

 

– See more at: http://mozaik.inilah.com/read/detail/2308004/faedah-salat-bagi-kesehatan-otak#sthash.XTz4zPw8.dpuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *