Home > Sejarah Islam > Kisah Nabi dan Sahabat > Inilah 10 sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Inilah 10 sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Rasulullah diutus Allah untuk menyebarkan ajaran Islam. Dalam dakwahnya, Rasulullah ditentang oleh banyak orang, tetapi beliau memiliki para sahabat yang selalu mendukung dan membantu Rasul dalam berdakwah. 10 sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga karena memiliki andil yang besar dalam Islam.

 

Berikut ini adalah 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga:
 
1. Umar bin Khattab
Umar adalah khalifah kedua setelah Abu Bakar. Rasulullah sangat mengasihi Umar. Sebelumnya, ia suka mabuk-mabukan dan pintar berkelahi. Tapi, setalah mendengar surat Thoha ia pun memeluk agama Islam. Ia dikenal sebagai khalifah yang sangat keras dalam membela agama Islam. Bahkan banyak kaum Quraish yang tidak berani melawan umat muslim karena adanya khalifah Umar.
2. Abu Bakar Ash-Shiddiq
Abu Bakar merupakan khalifah pertama yang juga sahabat Rasulullah. Ia adalah sahabat yang paling dekat karena ia selalu menyertai atau menemani Rasulullah di setiap langkahnya. Bahkan ia juga ikut dalam perjalanan yang beresiko ketika hijah dari Makkah ke Madinah. Abu Bakar sudah dekat dengan Rasul ketika masih remaja sehingga tidak susah baginya untuk memahami agama Islam. Bahkan ia adalah sahabat pertama yang memeluk agama Islam.
3. Ali bin Abi Thalib
Ali telah masuk Islam ketika masih kecil. Ia dikenal sebagai orang yang pandai, cerdas, dan memiliki strategi dalam berperang. Pada suau hari, Ali tidur di atas tempat tidur Rasul sehingga ketika orang Quraish itu mengepung rumah Rasul, mereka mengira bahwa Ali adalah Rasul sehingga mereka membunuhnya.
4. Ustman bin Affan
Ustman merupakan khalifah ketiga yang masuk Islam karena ajakan Abu Bakar. Ia dikenal sebagai orang yang kaya raya tapi sangat dermawan. Selain itu, ia dijuluki sebagai dua cahaya karena telah menikahi dua putri Rasulullah, yakni Ummu Kultsum dan Ruqqayah. Pada pemerintahan inilah, ia mampu menyusun mushaf Al-Qur’an.
5. Zubeir bin Awwan
Zubeir termasuk golongan orang yang masuk agama Islam pertama. Ia memiliki keberanian yang sangat besar dalam membela agamanya. Ia tidak pernah absen dalam semua peperangan yang melibatkan kaum muslim. Bahkan ia selalu berada di barisan terdepan hingga mmebuatnya sering terluka parah. Suatu ketika terjadi perseteruan antara kaum muslim, Zubeir tidak memihak salah satunya, tapi ia justru menyatukan mereka.
6. Thalhah bin Abdullah
Thalhah merupakan salah satu konsultan dai Rasulullah. Ia sangat berupaya melindungi Rasulullah. Ketika terjadi perang uhud, ia menjadi perisai bagi Rasulullah hingga ia mengalami luka parah.
7. Sa’id bin Zaid
Sa’id juga merupakan salah satu dari 10 sahabat yang telah dijamin surga yang setia dengan keteguhannya dalam membela Islam. Rasulullah sangat percaya padanya hingga ia diutus untuk mematah-matahi musuh.
8. Sa’ad bin Ali Waqqas
Sa’ad masuk islam pada umur 17 tahun. Ia sangat pandai memanah dan menunggang kuda. Ketika ia masuk Islam, ibunya mogok makan karena tidak setuju dengan hal itu. Tapi ia tidak mau berpindah dari ajaran Islam hingga ibunya hampir meninggal. Ia tidak akan menjual keyakinannya.
9. Abu ‘Ubaidah bin Jarrah
Abu ‘Ubaidah adalah salah satu dari 10 sahabat penghuni surge yang sangat dipercaya oleh Rasulullah. Ia dikenal sebagai orang yang jujur dan amanah dalam mengemban tugas. Bahkan ia dipercaya untuk memimpin beberapa peperangan.
10. Abdurrahman bin ‘Auf
Abdurrahman merupakan sahabat Rasul orang yang memiliki banyak harta. Tapi ia tidak sombong dengan hal itu, bahkan memakainya di jalan Allah. Ia menyumbangkan kekayaannya untuk perjuangan Islam.
Demikianlah daftar 10 sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *