Home > bangga > Mahasiswa Indonesia Juarai Kompetisi Keamanan Cyber Se-Asia Pasifik

Mahasiswa Indonesia Juarai Kompetisi Keamanan Cyber Se-Asia Pasifik

infokom1Di tengah kondisi bangsa yang karut-marut seperti saat ini, Indonesia masih memiliki putra bangsa yang mampu mengharumkan nama Indonesia  di kancah internasional.

Adalah Firman Azhari, pemuda yang berhasil menjuarai program edukasi Kaspersky’s CyberSecurity for The Next Generation.

Prestasi mahasiswa S2 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, baru kali ini mahasiswa Indonesia memenangkan kompetisi yang digelar Kaspersky untuk wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika.

Kompetisi CyberSecurity for the Next Generation 2013 sendiri telah berlangsung pada 21-23 Maret 2013 lalu di National University of Singapore (NUS). Peserta berasal dari berbagai tingkat pendidikan mulai dari sarjana, master, hingga doktor.

Dalam kompetisi tersebut, Firman menyodorkan sebuah paper bertopik “Detection of Security Vulnerability in Indonesia NFC Application”. Firman pun menjelaskan sebuah penemuan tentang rapuhnya keamanan pada aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi NFC (near field communication) sebagai salah satu key technology

“Saat presentasi, saya melakukan demonstrasi untuk memperlihatkan betapa cepat dan mudahnya mendapatkan data atau identitas seseorang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android. Tidak hanya untuk keperluan menyerang, saya juga menawarkan solusi untuk mengatasi orang-orang jahat di sekitar kita, agar tetap aman dari tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” tutur Firman melalui blognya.

Karya Firman pun dinobatkan sebagai The Best Paper. Atas kemenangannya tersebut, Firman yang juga menjadi Asisten Peneliti BlackBerry Innovation Center ITB berkesempatan mengikuti Kaspersky’s CyberSecurity for the Next Generation tingkat global. Di sana karyanya akan diadu melawan para pemenang dari wilayah Amerika, Rusia, dan Eropa pada bulan Juni 2013 mendatang, di Royal Holloway, University of London.

Sementara itu, perwakilan dari Hong Kong dan Afrika Selatan yang menduduki juara kedua dan ketiga Kaspersky’s CyberSecurity for the Next Generation – Asia Pacific & MEA Cup 2013 juga akan mendampingi Firman di ajang global tersebut. Ketiga pemenang tersebut masing-masing berhak atas hadiah sebesar USD1.000, USD750, dan USD500.

 

Indah Puspita M/Majalah InfoKomputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *