Home > Ruang Guru > Emis Pendis > Mengenal Emis Pendis Kemenag

Mengenal Emis Pendis Kemenag

emisApa itu EMIS PENDIS? Untuk istri saya yang seorang pengajar di RA Al-Falah, mungkin dia tak asing dengan istilah Emis Pendis. Namun, bagi saya istilah itu tentu saja amat asing, dan saya pun baru mengetahui karena ikut membantu istri menyetting Emis Pendis di laptop dan dektop di rumah.

EMIS Pendis  yang kepanjangannya  Education Management Information System Pendidikan Islam, yang dikembangkan oleh Kementerian Agama RI (Kemenag) untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren, dan pendidikan tinggi Islam.

Dengan adanya sistem Emis Pendis ini, sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama, menjadi lebih mudah melaporkan perkembangan sekolahnya. Perlu diketahui, sistem yang lama dianggap cukup merepotkan, khususnya untuk mengetahui perkembangan terakhir dan data terkini madrasah-madrasah di seluruh indonesia. Dengan adanya sistem ini, diharapkan lebih memudahkan dalam menemukan data yang valid tentang madrasah, pondok pesantren, dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Perlu untuk diketahui, aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web, sehingga untuk membukanya dibutuhkan  software  penjelajah internet (browser) seperti Mozilla Firefox, Google Chroom, Internet Explore dan sebagainya. Bagi mereka yang dunia web design, komputer yang digunakan di rumah biasa disebut sebagai server local, sebelum diaplikasikan secara online.

 

Sukarja

 

Link-Link Emis Pendis yang perlu diketahui, di antaranya:

  1. Login Emis Pendis Online Kemenag;
  2. Area Desktop Emis Pendis;
  3. User Manual Emis Pendis Raudhatul Athfal;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *