Home > Humor > Nasrudin Hoja: Tahukah Kalian?

Nasrudin Hoja: Tahukah Kalian?

SUATU hari di mimbar; di depan massa, Nasruddin berdiri untuk memberikan nasihat. Dia berkata, “Tahukah kalian, apa yang akan saya katakan kepada kalian?” Orang-orang itu menjawab, “Tidak! Kami tidak tahu.”

Kemudian Nashruddin berkata kepada mereka, “Baiklah, kalau kalian tidak tahu. Tidak ada gunanya berbicara dengan orang-orang yang tidak tahu.” Dia pun turun dan meninggalkan mereka.

Beberapa hari kemudian, dia kembali dan berbicara pada mereka dengan pertanyaan sama, yang pernah dilontarkannya. Dia berkata, “Tahukah kalian, apa yang akan saya katakan kepada kalian?” Mereka menjawab, “Ya, kami tahu.”

Dia kemudian berkata, “Jika kalian sudah tahu apa yang akan saya sampaikan, saya tidak perlu lagi mengatakannya.” Lalu, dia pun pergi meninggalkan mereka.

Orang-orang itu pun kebingungan; apa yang seharusnya mereka katakan untuk menjawab pertanyaan Nashruddin itu. Namun, mereka sepakat untuk pada kesempatan mendatang, jika Nashruddin melontarkan pertanyaaan serupa, sebagian di antara mereka akan menjawab ya dan sebagian lain akan menjawab tidak.

Beberapa hari kemudian, Nashruddin kembali ke tempat itu dan berkata, “Tahukah kalian, apa yang akan saya katakan pada kalian?” Jawaban mereka pun beragam; sebagian berkata, “Ya, kami tahu,” dan sebagian lagi mengatakan, “Tidak, kami tidak tahu.”

Nashruddin berkata kepada mereka, “Baik, sebagian di antara kalian sudah mengetahuinya dan sebagian lain tidak. Karena itu, saya berharap, yang tahu memberitahu yang tidak tahu.” Lalu dia pun pergi meninggalkan mereka. []

 

 

– See more at: http://mozaik.inilah.com/read/detail/2314125/nasrudin-hoja-tahukah-kalian#sthash.ZQxS9jKH.dpuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *