Home > Blog > Rio Haryanto resmi menjadi pebalap F1

Rio Haryanto resmi menjadi pebalap F1

Rio Haryanto secara resmi menjadi pebalap untuk Tim Formula Satu Manor Racing, pebalap Indonesia pertama yang turun dalam olahraga bermotor paling bergengsi itu.

“Teman-teman, sudah resmi, Rio sudah resmi jadi driver F1. Cuma ada satu kata, sukses buat Rio,” kata Wianda Poesponegoro – juru bicara Pertamina dalam pernyataan pembukanya.

Rio Haryanto
Image captionRio Haryanto akan bergabung menjadi pebalap kedua Tim Manor.

Sementara itu, Manor Racing, melalui Direktur Racing, Dave Ryan yang berbicara melalui Skype dari Inggris, mengatakan “mendapat bantuan dari pemerintah Indonesia merupakan sesuatu yang luar biasa bagi kami.”

Dalam pernyataannya Rio sendiri menyatakan terima kasih atas dukungan yang ia dapatkan selama ini.

“Assalamualaikum wr wb. Saya ingin ucapkan makasih atas dukungan semua. Akhirnya pada sore ini dapat kabar gembira, saya telah di-announce sebagai pembalap F1,” kata Rio.

“Semoga ke depannya dengan bekerja keras sekali, tidak hanya ingin mewakili Indonesia di F1. Saya ingin (mengukir) prestasi,” tambahnya.

 

Bertolak ke Barcelona

Rio akan bertolak ke Barcelona untuk latihan pramusim Jumat (19/02).

rio haryanto
Image captionMenpora Imam Nahrawi menyerahkan bendera merah putih.

Sementara itu Presiden Direktur Pertamina Dwi Soetjipto memuji jiwa pejuang yang dimiliki Rio.

rio haryanto
Image captionRio memeluk ibunya Indah Pennywati yang sekaligus manajernya.

“Saya punya jiwa fighter juga. Jadi saya salut, apalagi ini untuk berjuang bagi negara. Kita tahu riwayat Rio, waktu kecil kecelakaan hebat, luka parah. Tapi dia bisa bangkit untuk angkat nama bangsa, di sebuah olahraha yang penuh prestige.” kata Dwi.

“Mungkin kelihatannya cuma melaju kendaraan. Tapi pasti (banyak) nggak tahu apa yang dia lakukan, olahraga 4 jam setiap harinya. Yang pasti hanya bisa dilakukan bagi orang berjiwa fighter,” tambah Dirut Pertamina.

Pertamina sendiri telah menjadi sponsor utama bagi Rio sejak 2010.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, “Bersyukur pada Allah, setelah salat tahajud, akhirnya Rio jadi orang Indonesia pertama masuk F1.”

Upaya Rio menjadi pebalap di F1 ini sendiri dilalui dengan berbagai tantangan terutama menyangkut pengumpulan dana.

Dana yang diperlukan untuk mengikat kontrak untuk bergabung dengan F1 sekitar Rp320 miliar untuk musim balap 2016. Pertamina yang menjadi sponsor utama Rio selama ini tidak dapat menanggung dana sebesar itu.

Dukungan dari masyarakat untuk Rio termasuk dari kelompok yang menamakan diri Sahabat Rio dan melakukan pengumpulan dana sejak Oktober lalu.

 

sumber: BBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *