Minggu, Desember 17, 2017
Home > Ramadhan > Tiga Hikmah Zakat Fitrah bagi Umat Muslim

Tiga Hikmah Zakat Fitrah bagi Umat Muslim

Zakat fitrah sebuah kewajiban yang sangat baik di kalangan umat Muslim. Tentu zakat fitrah itu memiliki banyak hikmah bagi mereka yang menunaikan.

Menurut Pakar Zakat di Tanah Air, Irfan Syauqi Beik, ada tiga hikmah zakat fitrah yang diterima umat Muslim. Inilah hikmah-hikmahnya:

  1. Rasa Syukur. Umat Muslim yang menunaikan zakat fitrah bisa memanfaatkannya sebagai bentuk syukur, atas banyaknya limpahan nikmat selama Ramadhan. “Bentuk rasa syukur itu yang utama, implementasi keimanan kepada Allah SWT,” kata Irfan.
  2.  Bentuk kepedulian terhadap sesama. Zakat fitrah, bisa dimaksudkan sebagai wujud kepedulian dan berbagi kebahagiaan kepada sesama umat Muslim, agar semua komponen umat Muslim dapat merayakan Hari Kemenangan.
  3. Silaturahim. Hikmah ketiga yang bisa didapatkan seseorang atas zakat fitrah yang ia tunaikan adalah tumbuhkan sikap Silaturahim, yang berujung kepada penguatan sosial. Zakat fitrah bisa menguatkan hubungan persaudaraaan yang terjalin sesama umat Islam, dan akan memunculkan rasa saling mencintai antar sesama. “Yang mampu mencintai yang tidak mampu, yang tidak mampu akan mendoakan yang mampu,” ujar Irfan.

Irfan Syauqi Beik menambahkan, Islam sesungguhnya mengajarkan umat manusia untuk saling peduli dan berbagi. Sehingga bisa merasakan indahnya kemenangan bersama-sama. Melalui zakat fitrah, Islam benar-benar mengajarkan umat Muslim untuk tidak membiarkan sesama bersedih di Hari Kemenangan.

 

sumber: Republika Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *